YIPS

Yips adalah kondisi di mana seseorang mengalami kekauan/kejang pada pergelangan ketika hendak melakukan sesuatu. Awalnya yips diduga terkait dengan kecemasan. Namun, sekarang dugaan itu berubah, Yips disebabkan oleh fokus dystonia, yang merupakan disfungsi neurologis yang mempengaruhi otot-otot tertentu.

Yips dapat disebabkan oleh faktor-faktor neurologis atau psikologis:
Neurologis
Pada beberapa orang, yips adalah jenis fokus dystonia, suatu kondisi yang menyebabkan kontraksi otot tak sadar selama tugas tertentu. Kemungkinan besar terkait dengan penggunaan berlebihan dari otot tertentu, mirip dengan kram. Kondisi ini diperburuk jika penderita gelisah.

Psikologis
Dalam situasi tertekan, beberapa atlet kadang begitu cemas dan membuat kemampuan mereka terganggu.

Gejala
# Gejala datang dan pergi
# Gejala memburuk selama situasi tekanan tinggi

Perawatan
Karena Yips berkaitan dengan intensitas menggunakan otot tertentu, perubahan teknik atau peralatan kemungkinan dapat membantu pasien. Kemungkinan perawatan itu meliputi:
* Mengubah cara menggenggam. Teknik ini berlaku bagi banyak pegolf. Namun, jika penyebab yips adalah kecemasan, mengubah genggaman tidak akan membuat banyak perbedaan.
*Pelatihan keterampilan mental. Teknik-teknik seperti relaksasi, visualisasi atau berpikir positif dapat membantu mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi.